Aug 13, 2017

Jenis Lem Dalam Tenis Meja


Lem merupakan sebuah komponen untuk merekatkan antara kayu dan karet. Lem juga berperan sangat penting untuk membuat bet anda terasa enak atau tidak. Lem yang tepat akan membuat kayu dan karet anda terasa menyatu ketika digunakan untuk memukul bola, sehingga dapat menghasilkan kecepatan dan putaran yang maksimal.

Ada beberapa jenis lem yg kita kenal, yaitu lem KKK, Speed Glue, dan Lem Air atau WBG. Ketiga lem ini mempunyai bentuk n fungsi yang sedikit berbeda-beda. Berikut penjelasan lengkapnya

1. Lem KKK

 

Lem jenis ini banyak digunakan karena termasuk lem dengan harga yang sangat terjangkau, dibawah 10 ribu rupiah. Lem ini banyak dikenal juga sebagai lem untuk tambal ban sepeda. Ada yang kemasan kaleng kecil, ada yang kemasan seperti pasta gigi. Bentuk lem ini agak kental dengan warna coklat kekuningan.

2. Speed Glue

 

Lem speed glue dikenal juga dengan nama lem minyak, dibuat dari campuran antara karet mentah dengan sejenis minyak sebagai bahan pelarutnya. Minyak yang digunakan bisa bensin, minyak tanah, toluene, dll. Lem ini diciptakan untuk menambah kecepatan sebuah karet. Hal itu dikarenakan karet tipe lama mempunyai speed yang rendah, sehingga perlu digunakan speed glue untuk menambah speed karet tersebut. Lem ini berbentuk cair bening kekuningan. Ada banyak merk yang tersedia, seperti NN, TNT, Power Attack, Dawei, atau Haifu

3. Lem Air atau WBG

 

Lem air atau WBG ( Water Based Glue) merupakan jenis lem terbaru yang paling banyak digunakan saat ini dan resmi diakui oleh ITTF. Lem ini berbahan dasar air, sehingga aman untuk digunakan. WBG ini tidak membuat perubahan pada performa karet, sama dengan spesifikasi asli bawaan pabrik. Lem ini juga mempunyai daya rekat yang lebih kuat, tahan untuk satu bulan, atau bahkan lebih. Berbeda dengan speed glue yang harus dilem ulang setiap akan bermain. Lem ini mempunyai bentuk cair kental berwarna putih, mirip dengan susu. Hampir semua merk sudah mengeluarkan lem ini, seperti Butterfly, Andro, Nittaku, Donic, DHS, Xiom, dll.